Sejarah Desa

Sejak dahulu sebelum merdeka Desa karyawangi dipimpin oleh Bapak Kuwu Dengkek beliau menjabat 24 Tahun Kemudian Desa Karyawangi dipimpin oleh Bapak Kuwu Engkos beliau Tenar karena kesaktiannya tidak mempan oleh senjata oleh karena itu Masyarakat Segan Oleh Beliau dan beliau selain sakti juga bijaksana terhadap Masyarakat.

Selanjutnya perkembangan legenda dan sejarah Desa Karyawangi adalah sebagai berikut :

Tahun/Periode

Kepala Pemerintahan

Keterangan

1910 S/d 1934

Bpk. Dengkek

Dibawah kendali Penjajah Belanda Bpk. Dengkek Meminpin Desa Karyawangi selama  24 tahun.dan mulai menata desa Karyawangi  dengan membuat sarana2 sosial atau umum secara gotong royong dengan masyarakat.Bukti dari semua itu maka bisa terbangun 3 saluran air yang besar untuk mengairi lahan pertanian.Beliau berhenti karena usia yang sudah lanjut.

1934 S/d 1970

Bpk. Engkos

Pada Masa kepemimpinan beliau meneruskan berbagai program pembangunan yang telah dirintis sebelumnya dengan cara gotong-royong/kerja bakti. beliau juga mengembangkan sector pertanian padi sawah dan padi darat atau istilah masyarakat padi huma. Seiring dengan adanya masyarakat yang sirik sama beliau beliau dibunuh oleh salah satu masyarakat desa karyawangi dan beliau menjabat Kepala Desa Karyawangi selama 36 tahun.

1970 S/d 1984

Bpk. Ma’mun

Pada periode ini kepala  Desa Karyawangi dijabat oleh Bpk. H. Ma’mun( Alm ). Beliau malanjutkan dan memperbaiki atas berbagai pekerjaan yang ditinggalkan oleh Kepala Desa sebelumnyanamun pada masa jabatan beliau lebih disibukan dengan membantu pihak TNI dalam menghadapi gangguan keamanan dari pihak DI/TII. Beliau berjuang memimpin Desa Karyawangi selama 14 tahun dan berhenti karena paktor usia yang sudah lanjut.

1984 S/d 1992

Bpk. Isjak Iskandar

Kemudian Pada periode ini kepala  Desa Karyawangi dijabat oleh Bpk. Isjak Iskandar ( Alm ). Pada awal kepemimpinanya pun beliau masih disibukan dengan penyelesaian gangguan keamanan dari pasukan DI/TII dalam masa ini pula gangguan DI/TII tersebut bias terselesaikan kemudian Beliau bersama dengan masyarakat secara gotong-royong meneruskan pembangunan dan berhasil dengan membangun beberapa terowongan .Hingga setelah 7 tahun menjabat beliaupun akhirnya karena paktor usia yang lanjut berhenti dari jabatan Kepala Desa Karyawangi dan diteruskan oleh Kepala Desa yang baru.

1992 S/d 2000

Bpk. Somad

Kemudian Pada periode ini kepala  Desa Karyawangi dijabat oleh Bpk. Somad sebagaimana para pendahulunya beliau bersama dengan masyarakat membangun dan menata Desa secara gotong-royong dan dengan bantuan pemerintah pada masa beliau didirikan atau dibangun SD Bengkok. Dan akhirnya harus berhenti.Beliau menjabat Kepala Desa Karyawangi selama 8 tahun.

2000 S/d 2005

Bpk. Isjak Iskandar

Kemudian Pada periode ini kepala  Desa Karyawangi Beliau memimpin desa Karyawangi untuk yang kedua kalinya maka dalam waktu ini pula beliau membangun SLTP di Cinyomang untuk Kemajuan Masyarakat Desa Karyawangi.

2005 S/d 2010

Bapak Asep Muhaemin

Kemudian Pada periode ini kepala  Desa Karyawangi di pimpin oleh Bpk. Asep Muhaemin beliau Memimpin Desa Karyawangi. Maka pada Masa kepemimpinanya kali ini beliau banyak memberikan nilai baik buat pengembangan Desa. Namun Pad Thun 2010 Beliau Mengundurkan diri karena ada permasalahan yang Sulit diatasi dan beliau memimpin Desa Karyawangi Kurang dari 5 tahun

2010 S/d Sekarang

Bapak Agus Rizaludin

Pada tahun tersebut karena tidak adanya Kepala Desa maka Kepala desa Dijabat (PJs) oleh Bapak agus Rizaludin dari hasil musywarah tokoh dan BPD,  kemudian pemilihan Kepala Desa Karyawangi dilaksanakan pada tahun 2011 yang dimenangkan oleh Bpk. Agus Rizaludin dan alhamdulillah pada masa jabatan belaiu desa Karyawangi banyak sekali perubahan dari berbagai sektor terutama sektor pembangunan dan beliau  menjabat sampai sekarang.
Facebook Comments