Pendistribusian Benih Kacang Panjang Untuk Program Bekerja Se-Wilayah Kecamatan Salopa

Berita Potensi Desa
Musyawarah Pendistribusian Benih Kacang Panjang Wilayah Kecamatan Salopa

KARYAWANGI, 28/11/2018 – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman terus menggarap program pertanian dan bekerja nyata untuk mengentaskan kemiskinan, khususnya masyarakat yang berada di kategori pra sejahtera. Melalui Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA), Mentan optimis kemiskinan bisa dientaskan.

Program BEKERJA merupakan upaya Kementan untuk mengentaskan kemiskinan di tanah air berbasis pertanian dengan tiga tahapan, jangka pendek, menengah, dan panjang. Pada tahun 2018 saat ini Kementan menargetkan program BEKERJA dapat dilaksanakan di 10 provinsi, 776 desa dan 200.000 Rumah Tangga Miskin (RTM), sesuai yang dikutip dalam website http://www.pertanian.go.id.

Mentan Amran menegaskan Program BEKERJA merupakan pengejewantahan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo agar program kementerian harus fokus pada upaya peningkatan pendapatan dan daya beli mayoritas rumah tangga miskin yang bekerja di sektor pertanian maupun informal di pedesaan. Program pengentasan kemiskinan ini bersinergi dengan Kemensos, BUMN, Kemendes, BKKBN dan pemerintah daerah.

Program BEKERJA yang diterapkan di Kecamatan Salopa Meliputi 9 Desa, setelah 4 bulan ada 3 Desa yang telah menerima program bekerja yaitu bibit ayam litbangtan disusul oleh 6 Desa lainnya yang diterima bibit ayam secara berangsur – angsur dikarenakan pasokan bibit ayam didistribusikan oleh pihak KEMENTAN secara bertahap.

Desa Karyawangi Kec. Salopa Kab. Tasikmalaya merupakan salah satu Desa yang menerima Bantuan Program BEKERJA yang meliputi Bibit Ayam Litbangtan sebanyak 24 Rumah Tangga Miskin (RTM) dan merupakan salah satu Desa yang paling sedikit menerima program BEKERJA ini, tapi berharap dengan sedikitnya bibit ayam yang diterima oleh Masyarakat Desa Karyawangi dapat lebih unggul dan sukses untuk mengembangbiakan bibit ayam ini.

Bibit Kacang Panjang Untuk Rumah Tangga Miskin (RTM) Pada Program BEKERJA 

Bibit Kacang Panjang Untuk Rumah Tangga Miskin (RTM) pada program BEKERJA

Disamping Bibit Ayam yang diterima oleh Rumah Tangga Miskin (RTM) terdapat paket tambahan berupa Bibit Kacang Panjang untuk mendorong pertumbuhan sektor pertanian di Wilayah Desa Karyawangi terutama bagi masyarakat yang menerima program BEKERJA ini, dengan harapan adanya dorongan dari KEMENTAN berupa bibit kacang panjang ini dapat menjadikan sektor pertanian sebagai wadah untuk mensejahterakan masyarakat.

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan